Halaman

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA KAMI, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Keutamaan Wafat di Hari Jum'at

KH.CHATIEB JAZIED
Assalamualaikum Wr. Wb.
                Hari jum’at merupakan hari yng sakral bagi umat islam dan allah mengistimewakan umat  islam dalam mengisi hari jum’at. Pada hari jum’at manusia pertama Nabi Adam A.S. di ciptakan, pada hari jum’at Nabi Adam di masukkan ke dalam surga, pada hari jum’at Nabi adam di keluarkan dari surga, dan pada hari jum’at pula kiamat akan terjadi. Hari jum’at merupakan hari raya pekanan bagi umat islam, dalam hari itu kaum muslimin melaksanakan shalat berjamaah atau jum’atan. Di penghujung waktu (waktu ashar)  merupakan waktu yang mustajab untuk berdo’a. Allah akan mengabulkan setiap insan yang berdo’a di akhir pergantian waktu tersebut, yaitu antara shalat ashar dan magrib.
 Subhanaallah....Sungguh besar kebesaran Allah. Bukan hanya itu juga keutamaan Hari Jum'at. Bahkan dalam hadits juga telah di jelaskan bahwasannya, barang siapa yang meninggal di hari jum'at akan di selamatkan oleh Allah dari siksa kubur. Para ulama' juga telah menjelaskan bahwasannya meninggal di hari jum'at juga merupakan salah satu tanda Husnul Khotimah. 

Diriwayatkan oleh al-Tirmidzi dalam sunan-nya, dari hadits Abdullah bin Amr Radhiyaallahhu 'anhu. Dari Rasulullah S.A.W.

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ إِلا وَقَاهُ اللَّهُ فِتْنَةَ الْقَبْرِ
 
   "Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari jumat melainkan Allah melindungi dari siksa kubur". (Hr. Al-Tirmidzi, no. 1043)

Kami ucapkan Selamat Jalan Guru Besar Kami KH. Chatieb Jazied, Semoga amal baiknya di terima di sisih Allah SWT. semua jasa2 engkau takkan pernah terlupakan. Dan semua ilmu yang engkau berikan akan berusaha kami terapkan.

Bali 2012
Drs. H. M. Chatieb Jazied, Msi. M.Pd 
Seorang perintis Lpm. NU. Sunan Giri, telah pulang ke rohmatullah pada hari Jum’at, 07 Maret 2014
Perjuangan dan pengabdian beliau yang sangat pantas kita contoh, semoga sluruh ilmu yang engkau berikan akan bermanfaat buat kami Ikatan Pelajar Sunan Giri. Amien.....
Wassalammualaikum. Wr. Wb.


2 komentar: