Halaman

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA KAMI, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

PINGUIN



 PINGUIN
Penguin adalah jenis burung yang tidak bisa terbang,dari family Spheniscidae,terdapat 17 spesies penguin dan hampir semuanya berkembangbiak di belahan bumi  bagian selatan.Nama Penguin diyakini berasal dari bahasa Welsh “ pena gwyn” yang berarti: “kepa putih” nama itu awalnya diterapkan untuk burung  Great auk
Great auk adalah burung yang hidup dibelahan bumi
utara,dan telah punah di abad ke 19,Great auk terlihat mirip dengan penguin  dan juga tidak dapat terbang,kepunahan Great auk kemungkinan disebabkan oleh para pelaut yang menggunakannya sebagai sumber makanan.
Struktur tulang penguin berbeda dengan burung yang biasanya terbang,penguin mempunyai kerangka yang jauh lebih berat dan kuat ,sementara burung biasa  harus memiliki kerangka yang seringan mungkin  karena akan sangat membantu untuk melakukan penerbangan.
Rata-rata burung yang dapat terbang adalah hasil kombinasi  tulang yang tipis dan berongga,dan memiliki kekuatan yang memadai  serta didukung dengan berat badan  yang ringan, sementara penguin harus memiliki kerangka  yang padat untuk melawan daya apung  air ketika menyelam dibawah permukaan air.
Kerangka  penguin  sangat berbeda dari burung lainya terutama disekitar furkula dan tulang dada  hal ini disebabkan karena fungsi  gerakan yang berbeda  antara penguin dan burung lainya.Perbedaan struktur tulang tersebut  memberikan petunjuk  penting untuk membedakan fosil penguin dan burung lainya. 
Fosil penguin pertama ditemukan  adalah  Palaeeudyptes” yang  ditemukan pada abad ke 19 di Selandia Baru ,fosil tersebut ditemukan dalam batuan  yang berumur sekitar 25 juta tahun , fosil penguin terbesar  yang pernaah ditemukan  ukuranya  sama dengan  ukuran seorang manusia. Hingga saat ini tidak pernah ada  lagi fosil penguin  yang ditemukan  di belahan bumi bagian utara.
Terlepas dari sejarah panjang  evolusi spesies penguin  yang ada pada saat ini tidak banyak mengalami perubahan dari leluhurnya ,mereka kebanyakan memiliki   bagian atas tubuh  kehitaman  dan bagian bawahnya berwarna putih,hal ini akan sangat membantu untuk menyamarkan penguin  dengan warna langit  pada saat penguin sedang berenang  bila dilihat dari bawah.Akan tetapi  ketika penguin berenang di laut dalam  jika dilihat dari atas penguin akan tersamar  akan warna gelapnya.
Penguin mempunyai bulu anti air dan saling berkaitan ,sehingga mampu  memberikan penghalang yang sangat efektif  terhadap air,bulunya menutup rapat tubuhnya  sehingga sangat sedikit udara  yang terperangkap  pada setiap helaian bulunya,tentunya hal tersebut akan sangat membantu pada saat  penguin menyelam  sehingga mencegah  penguin untuk mengapung .
Ketika penguin ada di darat bulu-bulunya  berdiri tegak  sehingga mampu menyebak lapisan udara  hangat yang  yang sangat bermanfaat untuk memberikan insulasi  udara dingin,selain itu penguin memiliki timbunan lemak tebal  dibawah kulitnya agar suhu tubuhnya tetap terjaga.
Bagian kaki penguin tidak tertutup oleh bulu,penguin dapat menjaga suhu  kakinya dengan cara mengalirkan darah hangat  ke kakinya,sesampainya di kaki darah penguin kembali dingin ,kemudian darah dingin dari kaki dikirimkan lagi ke tubuhnya,system vascular ini dapat membatasi  jumlah darah yang mengalir  ke sirip dan kaki  sehingga suhu kaki dapat dijaga pada titik 6 derajat Celcius meskipun suhu inti  tubuh mencapai 39 derajat celcius ,hal ini dapat mengurangi jumlah panas yang hilang pada saat cuaca  dingin,pada cuaca yang panas proses vascular  ini dapaat dibalik sehingga dapat  menjaga suhu tubuh penguin tetap stabil.
Demikian sekilas info tentang penguin,mudah-mudahan ada manfaatnya untuk rekan-rekan  Dunia Satwa semuanya.kurang dan lebihnya mohon maaf,dimana admin Dunia Satwa hanyalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa hehehe……
 
Sumber artikel: http:www.duniasatawa.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar